Sosok Prof Sitanala Arsyad, Rektor IPB University Periode 1987-1996 Meninggal di Usia 89 Tahun

Wecome Mahavision di Portal Ini!

Bogor – Tokoh inspiratif pendidikan, Prof Dr Sitanala Arsyad meninggal dunia di usia 89 tahun. Sosok Profesor Sitanala Arsyad Sosok Prof Sitanala Arsyad, Rektor IPB University Periode 1987-1996 Meninggal di Usia 89 Tahun

Dikutip dalam website IPB, sepanjang hidupnya Profesor Sitanala Arsyad merupakan pakar konservasi tanah. Lebih dari 20 artikel tentang ilmu tanah yang ditulisnya telah diterbitkan di jurnal nasional dan luar negeri. Selain itu, ia juga menyusun buku Konservasi Tanah dan Air (IPB 1989 dan 2000), edisi kedua terbit tahun 2006. Nusantara Green Pesantren, Upaya Mewujudkan Visi IKN sebagai Kota Hutan

Gelar sarjana diperoleh Profesor Sitanala pada tahun 1961 dari Fakultas Pertanian Universitas Indonesia yang merupakan cikal bakal lahirnya IPB University (1963).

Sebelum lulus, pada tahun 1959 ia menjabat sebagai asisten profesor ilmu kebumian (asisten tingkat II). Sitanala muda kemudian melanjutkan studi masternya di Sekolah Pascasarjana Universitas Georgia, Athena-Georgia, Amerika Serikat, lulus pada tahun 1963.

Setelah dua tahun, ia menyelesaikan gelar doktornya di bidang Philosophiae di universitas yang sama, dengan spesialisasi konservasi tanah.

Pria kelahiran Lampung Tengah, 21 Maret 1934 ini pernah menjabat Rektor Universitas Lampung (Unila) dua periode (1987-1996) sebelum menjabat Rektor IPB University dua periode (1987-1996).

Kemudian pada tahun 2004 pensiun dari pegawai negeri dan diangkat menjadi Guru Besar Emeritus Departemen Ilmu Kebumian dan Sumberdaya Lahan IPB University.

Almarhum dimakamkan di Jl Taman Malabar Tanatorio No 3, Bogor dan akan diberangkatkan ke Lampung, pemakaman keluarga di Dusun Negara Bumi Ilir, Lampung Tengah pada Sabtu pagi, 23 September 2023. Rektor IPB University, Profesor Arif Satria menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya. Sosok Prof Sitanala Arsyad, Rektor IPB University Periode 1987-1996 Meninggal di Usia 89 Tahun

“Kita kehilangan sosok berdedikasi yang memberikan tampuk kepemimpinan kepada generasi penerus. Kemajuan IPB University saat ini tentunya tidak lepas dari peran almarhum. “Profesor Arsyad mempunyai warisan yang luar biasa bagi kemajuan IPB,” ujarnya.

“Beliaulah yang berperan menentukan dalam pembangunan Kampus IPB Darmaga. Suatu karya besar yang mengubah wajah IPB dan menjadi tonggak baru kemajuan IPB. Banyak keteladanan yang harus kita petik dari beliau. Selamat Jalan Profesor Sitanala “Karyanya akan terus dikenang dan menginspirasi kita”, tambah Rektor IPB University.Rektor Universitas Mercu Buana:Netralitas dalam pemilu adalah sebuah prinsip.Rektor Universitas Mercu Buana, Dr.Andi Adriansyah.M. Eng bahwa partainya sangat menjunjung netralitas dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Mahavision 11 Februari 2024