Ngeri Banget! Sering Mandi Pakai Softlens Bikin Infeksi, Perempuan Ini Jadi Buta Sebelah

Selamat datang Mahavision di Portal Ini!

Mahavision – Orang yang memakai lensa kontak harus berhati-hati. Ada alasan mengapa alat penglihatan ini sebaiknya dilepas sebelum mandi, salah satunya adalah untuk menghindari infeksi. Ngeri Banget! Sering Mandi Pakai Softlens Bikin Infeksi, Perempuan Ini Jadi Buta Sebelah

Seorang wanita Inggris terpaksa kehilangan mata kirinya setelah tertular keratitis acanthamoeba di air keran setelah memakai lensa kontak saat berenang. Risiko Kena Kanker Turun Setelah 10 Tahun Konsisten Berhenti Merokok

Keratitis Acanthamoeba adalah infeksi yang jarang namun sulit diobati dan memiliki konsekuensi serius. Hal ini disebabkan oleh mikroba yang menutupi kornea, selaput terluar mata. Deskripsi lensa lunak (Envato)

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), infeksi langka ini lebih sering terjadi pada pemakai lensa kontak, namun siapa pun bisa tertular.

Mary Mason, seorang wanita berusia 54 tahun dari Inggris, memakai lensa kontaknya selama 30 hari tanpa melepasnya dan percaya bahwa kuman masuk ke matanya saat hujan tanpa melepasnya.

“Kuman hidup di lensa kontak saya, jadi mata saya penuh dengan itu,” kutip Mason Insider, Sabtu (15/10/2022).

Menurut CDC, mandi sambil memakai lensa kontak atau membersihkan lensa kontak dengan air keran meningkatkan risiko terkena keratitis Acanthamoeba. Kondisi ini bisa menyebabkan sakit mata bahkan kebutaan jika tidak ditangani.

Menurut John Dart, seorang profesor emeritus di UCL Institute of Ophthalmology di Inggris, antara 150 dan 200 orang di Inggris terkena kuman ini setiap tahunnya. Namun sangat sedikit orang yang kehilangan penglihatannya, namun pada kebanyakan kasus terjadi kehilangan penglihatan normal.

Keluhan tersebut pertama kali dirasakan Mason pada tahun 2015 karena merasa ada yang tidak beres pada matanya saat merasakan ada benda asing mirip pasir di matanya.

“Saya mulai merasa ada benda asing di mata saya, seperti sebutir pasir atau butiran pasir, yang biasanya hilang jika digosok, tapi ternyata tidak,” kata Mason. Ngeri Banget! Sering Mandi Pakai Softlens Bikin Infeksi, Perempuan Ini Jadi Buta Sebelah

Gejala keratitis Acanthamoeba antara lain nyeri mata, penglihatan kabur, kepekaan terhadap cahaya, dan sensasi tertentu pada mata. CDC merekomendasikan untuk menemui dokter mata ketika Anda mengalami gejala-gejala ini.