Menguak Penyebab Sambaran Petir Bisa Picu Kematian Mendadak

Wecome Mahavision di Portal Ini!

Jakarta – Menguak Penyebab Sambaran Petir Bisa Picu Kematian Mendadak

Mengejutkan, pria asal Subang, Septian Rahraja (34), tewas tersambar petir. Peristiwa yang menimpa Septien saat bermain sepak bola di Stadion Ciliwangi Kota Bandung, Sabtu (10/2/2024). 3 Langkah Sederhana agar Tidur Lebih Nyenyak, Salah Satunya Selipkan Aktivitas yang Bikin Rileks

Selain di atas, seberapa berbahayakah dampak petir? Dikutip dari Fox Weather, Petir dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh manusia melalui sifat kelistrikannya dan panas ekstrem yang dihasilkannya.

Meski petir secara teknis tidak memiliki suhu, namun arus listrik petir dapat memanaskan udara di sekitarnya dan benda apa pun yang melewatinya lima kali lebih banyak dibandingkan permukaan Matahari. Kondisi ini dapat menyebabkan luka bakar derajat satu dan dua.

Luka bakar yang dialami para korban kemungkinan juga disebabkan oleh pakaian yang mereka kenakan. Akibat tersambar petir, pakaiannya terbakar, dan akibatnya korban pun ikut terbakar.

Suhu di sekitar sambaran petir juga dapat menyebabkan gelombang kejut yang melemahkan. Ketika udara di sekitar petir dengan cepat memanas dan kemudian mendingin, hal ini dapat menghasilkan kekuatan ledakan yang dapat membuat korban petir meninggal.

Menurut National Institutes of Health, gelombang kejut ini dapat menyebabkan trauma fisik yang serius, menyebabkan pendarahan internal, trauma otak, patah tulang tengkorak, dan kerusakan sumsum tulang belakang.

Selain sifat termal listrik, efek kelistrikannya juga dapat menimbulkan bahaya petir pada tubuh manusia.

Tubuh secara alami penuh dengan listrik yang tercipta ketika muatan listrik melewati membran sel. Kecepatan sinyal listrik inilah yang memungkinkan informasi ditransmisikan melintasi sistem saraf, sistem yang terhubung ke otak, dan sepanjang jalur saraf yang membentang ke seluruh tubuh.

Ketika petir menyambar dan mencapai sistem saraf, maka secara langsung dapat merusak sel saraf, menyebabkan kelumpuhan sementara, serta menyebabkan pecahnya arteri dan pembuluh darah di otak. Menguak Penyebab Sambaran Petir Bisa Picu Kematian Mendadak

(avk/kna)