Mahasiswa UIN Jalani Program KKN Hingga Malaysia dan Thailand

Sugeng rawuh Mahavision di Website Kami!

Banjarmasin – Program Studi Kerja Nyata Mahasiswa (KKN) kembali diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Tak hanya di dalam negeri, tapi juga di Malaysia dan Thailand. Mahasiswa UIN Jalani Program KKN Hingga Malaysia dan Thailand

Menurut Presiden Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Antasari Banjarmasin Kalimantan Selatan, Dr. Muhammad Zainal Abidin, pada tahun 2023 ini sebanyak 20 mahasiswa akan mengikuti program KKN internasional di Thailand. dan Sarawak, Malaysia. Pendaftaran SPAN PTKIN 2024 Dibuka Senin 12 Februari Hari Ini, Begini Cara Daftar dan Jadwalnya

“Kami membawa sekitar delapan mahasiswa ke Sarawak, Malaysia, dan sebanyak 12 mahasiswa ke Thailand,” kata Antari. Menurutnya, tugas pada Agustus ini telah diselesaikan sebanyak 20 siswa yang sedang mengambil program wajib berstandar internasional National Academy of Sciences.

Dijelaskannya, program internasional KKN UIN Antasari Banjarmasin telah berlangsung lama sejak tahun 2010, namun sempat terhenti pada tahun 2020 akibat mewabahnya Covid-19 hingga diumumkan akan berakhir pada tahun 2022. “Karena program tersebut pandemi Covid-19 berakhir maka program KKN internasional akan dilaksanakan kembali pada tahun 2023,” ujarnya.

Program KKN internasional ini dapat terlaksana berkat hubungan baik kedua negara, tentunya di samping juga hubungan baik antara UIN Antsari Banjarmasin dengan institusi akademik kedua negara tersebut.

Untuk Sarawak, Malaysia, Zainal mengatakan UIN Antasari Banjarmasin memiliki hubungan harmonis dengan Yayasan Lembaga Pendidikan Hikma. Oleh karena itu, kedelapan mahasiswa yang akan mengikuti program KKN internasional tahun 2023 ini disambut hangat dan dibantu untuk melaksanakan pengabdian di desa binaan Desa Pedoun Bawah dan Desa Blimbing.

Sebanyak 42 mahasiswa asal Sarawak saat ini sedang menempuh pendidikan tinggi di UIN Antasari Banjarmasin berkat hubungan baik antara Yayasan Hikmah dan UIN Antasari.

Sementara itu, ia mengatakan di Thailand, UIN Antsari Banjarmasin bekerja sama dengan Mahad Albisat Adiniyah yang berlokasi di Distrik Mueang, Provinsi Yala. “Ada 12 mahasiswa yang mengikuti KKN internasional, semuanya berjalan lancar,” ujarnya.

Bahkan, pada tahun ajaran depan sebanyak lima mahasiswa Mahad Albisat Adiniyah di Thailand diperkirakan akan melanjutkan pendidikan tinggi di UIN Antasari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

“Tentunya program KKN Internasional UIN Antsari memiliki banyak manfaat dan pembelajaran, selain memperkaya pengalaman mahasiswa dan mahasiswa, juga menjaga tali silaturahmi yang baik antar tanah air, sesama Melayu dan mobilitas mahasiswa ke luar negeri,” ujarnya. Mahasiswa UIN Jalani Program KKN Hingga Malaysia dan Thailand

Dikatakannya, UIN Antasari Banjaramsin telah melebarkan sayapnya untuk mendidik mahasiswa di luar negeri, berwawasan lokal, global, demikian kolom di kampus ini. (Antara) Baca artikel edukasi menarik lainnya di tautan ini. Jelang pemungutan suara, Aliansi BEM Sumut-Riau mewanti-wanti masyarakat agar tidak menjauh. Di Riau dan Sumut, Koalisi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) tengah melakukan kegiatan untuk menghimbau masyarakat agar tidak golput pada pemilu 2024. Mahavision .co.id 13 Februari 2024