Kasus Gangguan Ginjal Akut Misterius Terus Bertambah, Apa Penderita Bisa Sembuh Total? Ini Kata Dokter Anak

Selamat datang Mahavision di Portal Ini!

Mahavision – Kasus penyakit ginjal akut misterius semakin meningkat setiap harinya, dan beberapa di antaranya berakibat fatal. Bagaimana peluang kesembuhan pasien penyakit ini menurut pediatri? Kasus Gangguan Ginjal Akut Misterius Terus Bertambah, Apa Penderita Bisa Sembuh Total? Ini Kata Dokter Anak

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menunjukkan bahwa penderita gagal ginjal akut bisa hidup utuh. Sekretaris Kelompok Kerja Bersama (UKK) Nefrologi IDAI, Dr. Eka Laksmi Hidayati, SpA(K) secara langsung dalam rapat informasi secara virtual, Selasa (19/10/2022). Dokter Forensik Ungkap Autopsi Dante, Jelaskan Tumbuhan Air di Hati dan Sumsum

Dalam sambutannya, dr Eka menyampaikan bahwa penyakit ginjal akut yang sedang naik daun ini bisa disembuhkan sepenuhnya. Kalaupun penyakitnya sudah mencapai stadium 3 disebut penyakit ginjal akut. Gagal Ginjal Akut pada Anak (Getty Images)

“Semakin cepat pengobatan pada stadium 1 dan 2, maka semakin baik. Namun meskipun penyakit ginjal akut sudah mencapai stadium 3 atau penyakit ginjal akut, Anda masih bisa sembuh total,” kata dr Eka.

Terapi hemodialisis diberikan kepada orang yang menderita penyakit ginjal akut atau disebut juga cedera ginjal akut. Obat ini kemudian menghilangkan zat dan kotoran dengan cara menyaringnya keluar dari tubuh. Perawatan ini sering disebut dialisis.

Dr menjelaskan. Eka, bila seorang anak memiliki penyakit ginjal akut yang tersembunyi, ia bisa sembuh total dan tidak perlu menjalani hemodialisis lagi. Fungsi ginjal anak juga bisa terpengaruh.

“Semuanya bisa diobati, bahkan yang sudah stadium 3 dengan hemodialisis, hilangkan hemodialisis, dan fungsi ginjal akan kembali,” kata dr Eka.

Namun, penyintas penyakit ginjal akut misterius ini berisiko mengalami masalah yang sama di masa dewasa.

Penyakit ginjal juga bisa menjadi masalah. Sekitar 30 persen orang terkena penyakit ginjal kronis di usia muda, kata dr Eka.

Adapun penyakit ginjal akut misterius yang perlu dikuras atau diobati, masih menjadi tantangan hingga saat ini. Pasalnya, transfusi darah biasanya diberikan kepada orang lanjut usia. Saat ini, hanya sedikit anak yang membutuhkan obat ini. Kasus Gangguan Ginjal Akut Misterius Terus Bertambah, Apa Penderita Bisa Sembuh Total? Ini Kata Dokter Anak

Oleh karena itu, banyak tempat yang tidak menawarkan obat ini kepada anak-anak. Hal ini membuat pengobatan menjadi sulit jika penyakitnya parah.

“Yang sulit adalah transfusi darah pada anak kecil, tidak semua tempat bisa melakukannya. Biasanya dilakukan pada orang lanjut usia. Anak-anak yang menderita penyakit hemoragik juga banyak, tidak terlihat di banyak tempat,” kata dr. es.