Jangan Over Alih Kredit Sembarangan, Ini Alasannya

Selamat datang Mahavision di Portal Ini!

Jember 10 Februari 2024 – Pengalihan kredit atau pelaksanaan pengalihan kepemilikan barang yang masih dalam bentuk kredit kepada pihak lain, biasanya menjadi solusi bagi debitur yang mengalami kesulitan keuangan. Jangan Over Alih Kredit Sembarangan, Ini Alasannya

Namun tahukah Anda bahwa praktik tersebut dapat berujung pada tuntutan pidana jika dilakukan tanpa sepengetahuan dan persetujuan lembaga pemberi dana? Intip Kelebihan Baterai NMC Dibandingkan LFP di Mobil Listrik

Salah satu contohnya adalah kasus debitur FIFGROUP Cabang Jember, Jawa Timur yang divonis tujuh bulan penjara dan denda លាន 50 juta karena cerukan yang tidak sah. Ini adalah contoh nyata dampak serius dari tindakan ini.

Sebelum membahas transfer kredit lebih lanjut, penting untuk memahami tentang jaminan kredit. Agunan adalah bunga atas agunan yang menjadi pokok utang yang dimiliki oleh debitur sebagai jaminan pelunasan.

Dalam kasus Jember, FIFGROUP mendapat laporan utang empat bulan yang kemudian sepeda motor Honda tersebut digadaikan tanpa sepengetahuan pemodal.

“Setelah diteliti lebih lanjut, kami menemukan unit tersebut dijual di luar Jember,” kata Junaidi, Kepala FIFGROUP cabang Jember, dalam keterangan resmi.

Junaidi mengatakan, perbuatan tersebut melanggar Pasal 23 ayat (2) UU Penjaminan yang melarang debitur memindahtangankan, membeli atau menyewakan jaminan tanpa izin tertulis dari kelompok keuangan.

Banyak orang yang tergiur dengan pembiayaan utang karena dianggap sebagai solusi yang tepat untuk meringankan beban keuangan mereka. Namun perlu diingat bahwa proses ini memiliki risiko hukum yang tinggi.

Sebaliknya, debitur yang mengalami kesulitan pembayaran disarankan untuk menghubungi Departemen Keuangan sesegera mungkin. Departemen keuangan biasanya menawarkan solusi terbaik, seperti restrukturisasi atau penangguhan utang.

Bagi yang sedang mempertimbangkan untuk mengambil kredit ekstra, periksa dan pahami risikonya. Berikut adalah beberapa poin penting: Jangan Over Alih Kredit Sembarangan, Ini Alasannya

1. Tidak melakukan pengalihan utang tanpa sepengetahuan dan persetujuan tim keuangan. 2. Segera menghubungi lembaga pendanaan jika ada masalah dengan pembayaran. 3. Temukan solusi yang sah dan aman dengan tim keuangan. Sembarangan melintasi jalan nasional membahayakan pengemudi Kebanyakan kecelakaan terjadi di jalan nasional akibat kelalaian berkendara, salah satunya adalah ugal-ugalan berpindah tempat. Saat ada yang mengunjungi Mahavision 10 Februari 2024