Gagal Ginjal Akut Misterius Pada Anak Perlu Diwaspadai, Apa Gejala Utamanya?

Sugeng rawuh Mahavision di Situs Kami!

Mahavision – Misteri gagal ginjal akut pada anak menjadi permasalahan serius bagi Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Apa saja gejala utama yang perlu diperhatikan? Gagal Ginjal Akut Misterius Pada Anak Perlu Diwaspadai, Apa Gejala Utamanya?

Plt. Direktur Perawatan Rujukan Dr. Yanti Herman, MH. Kes menyatakan, para orang tua diimbau waspada jika anaknya mengalami gejala seperti diare, mual, muntah, demam 3 hingga 5 hari, batuk, pilek, sering mengantuk, dan penurunan keluaran urin atau bahkan tidak bisa buang air kecil secara absolut. . . Penyakit X: 70 Virus Diprediksi Punya Potensi Picu Pandemi Berikutnya

Penyebab penyakit ginjal akut ini belum diketahui, namun cenderung menyerang anak-anak berusia antara 1 hingga 5 tahun. Namun dalam dua bulan terakhir juga terjadi kasus misterius gagal ginjal akut pada anak usia 6 bulan hingga 18 tahun. Gagal ginjal akut pada anak (Getty Images)

“Orang tua harus selalu berhati-hati dan terus memantau kesehatan anak kita. Jika anak mengalami gejala yang mengarah pada gagal ginjal akut, sebaiknya segera konsultasikan ke ahli kesehatan, jangan menunda atau berobat sendiri,” ujar dr Yanti. dalam keterangannya, Selasa (18/10/2022).

Selain gejala fisik, gejala yang perlu diperhatikan adalah frekuensi buang air kecil anak, jika anak tidak buang air kecil selama 6 hingga 8 jam dalam sehari, sebaiknya anak juga dibawa ke fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit. .

Termasuk juga jika warna urine berubah menjadi gelap, coklat atau bahkan kemerahan, ini pertanda serius.

Berikutnya, pastikan jika anak Anda sakit, tubuhnya memerlukan cairan yang cukup dengan minum air putih.

Hingga saat ini penyebab gagal ginjal akut pada anak masih belum diketahui secara pasti, untuk itu pemerintah bersama Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan tim dokter dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) membentuk tim dalam bertugas mengamati dan menyelidiki kasus gagal ginjal akut pada anak.

Berdasarkan data yang ada, gejala yang muncul di awal berkaitan dengan infeksi saluran cerna yang utama, oleh karena itu Kementerian Kesehatan menghimbau para orang tua sebagai upaya preventif untuk terus menerapkan pola hidup bersih dan sehat, jelas dokter. Yanti.

Terakhir, pastikan untuk tetap mencuci tangan, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, tidak sembarangan ngemil, minum air matang, dan pastikan vaksinasi anak Anda dilakukan secara rutin dan lanjutan. Gagal Ginjal Akut Misterius Pada Anak Perlu Diwaspadai, Apa Gejala Utamanya?

Oleh karena itu, kami menghimbau kepada layanan kesehatan, rumah sakit, dan portal pemerintah untuk segera melaporkan jika terdapat indikasi kasus yang mengarah pada gagal ginjal akut atau penyakit lain yang berpotensi menimbulkan wabah, pungkas dr.