Beli Mobil Bekas di DKI Jakarta Kini Lebih Murah

Wecome Mahavision di Situs Kami!

Jakarta, 17 Januari 2024 – Kabar gembira bagi warga Jakarta yang gemar mencari motor atau mobil bekas. Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengeluarkan aturan baru yakni pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) untuk kendaraan bekas. Beli Mobil Bekas di DKI Jakarta Kini Lebih Murah

Dari penelusuran Mahavision Otomotif, aturan tersebut terkait pajak daerah dan retribusi daerah dalam Peraturan Daerah (Rugi) Provinsi DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2024 yang diterbitkan mulai 5 Januari 2024. Hadir di IIMS 2024, Pelek Ini Cuma Ada Satu Unit di Indonesia

“Barang BBNKB merupakan pemindahtanganan pertama kendaraan bermotor yang wajib didaftarkan di wilayah Provinsi DKI Jakarta sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” bunyi Pasal 10 ayat (1) Perda tersebut.

Namun calon pembeli tidak perlu terburu-buru karena kebijakan ini baru berlaku pada 5 Januari 2025.

Ketentuan terkait PKB dan BBNKB yang diatur dalam Peraturan Daerah ini berlaku selama 3 (tiga) tahun terhitung sejak tanggal 5 Januari 2022, bunyi Pasal 115 ayat (1).

Apa artinya? Ya, mulai tanggal tersebut, penggantian nama kendaraan bekas di Jakarta tidak dikenakan biaya BBNKB yang biasanya sebesar 1 persen dari harga jual kendaraan bermotor.

Artinya, proses administrasi pergantian nama pemilik kendaraan bekas mudah dan tentunya hemat biaya.

Kebijakan ini tentu disambut baik oleh banyak pihak. Pembebasan biaya BBNKB diharapkan dapat mendorong pertumbuhan bisnis kendaraan bekas di Jakarta.

Hal ini tentu berdampak positif bagi para dealer kendaraan bekas, serta pembeli yang kini memiliki pilihan membeli kendaraan yang terjangkau.

Singkat kata, kebijakan baru ini menjadi angin segar bagi dunia otomotif Jakarta. Dengan biaya transfer yang lebih terjangkau, diharapkan pasar kendaraan bekas menjadi lebih dinamis dan menguntungkan semua pihak. Beli Mobil Bekas di DKI Jakarta Kini Lebih Murah

Sebagai informasi, Perda tersebut juga membahas perubahan angka pajak progresif kendaraan bermotor. Jumlah ini meningkat 0,5 persen dibandingkan aturan sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membaca tautan ini. Daftar Satpas Perpanjangan Surat Izin Mengemudi Hari Ini di Polda Metro Jaya DKI Jakarta mengumumkan, pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) selama pengoperasian Mantap Brata atau pengamanan pemilu 2024 Mahavision akan dilakukan pada 13 Februari 2024 .