Apa Itu Obat Supositoria? Mengenal Pengganti Obat Sirup untuk Pengobatan

Sugeng rawuh Mahavision di Situs Kami!

Mahavision – Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan imbauan resmi kepada petugas kesehatan dan apotek untuk tidak memberikan sirup jenis apa pun kepada masyarakat. Sebaliknya, Kementerian Kesehatan menyarankan supositoria. Apa itu supositoria? Apa Itu Obat Supositoria? Mengenal Pengganti Obat Sirup untuk Pengobatan

Merangkum berbagai sumber informasi, rekomendasi Kementerian Kesehatan ini akan dipublikasikan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Artinya, masyarakat tidak bisa menemukan obat sirup untuk anak di apotek dan toko obat biasa.

Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari banyaknya kasus gagal ginjal akut pada anak di Indonesia. Penggunaan sirup diyakini menjadi penyebabnya. Namun hal tersebut belum terbukti secara ilmiah dan tim terus melakukan penelitian mendetail. TGIPF Sebut Gas Air Mata Jadi Sebab Meninggalnya Ratusan Korban Tragedi Kanjuruhan, Bahayanya Ganggu Kinerja Otak!

Sambil menunggu hasil pemeriksaan, masyarakat diimbau untuk tidak menggunakan obat berbentuk sirup tersebut, melainkan menggunakan tablet, supositoria, atau obat yang dimasukkan melalui anus.

Apa itu supositoria?

Untuk meringkas halaman WebMD: Supositoria adalah cara lain untuk memasukkan obat ke dalam tubuh. Obat jenis ini tidak ditelan melainkan dimasukkan ke bagian bawah tubuh, seperti anus atau vagina, sehingga berbentuk bulat kecil atau kerucut untuk memudahkan prosesnya.

Supositoria mungkin bukan obat paling ramah yang pernah Anda gunakan, tetapi supositoria dapat mempermudah menelan obat yang tidak dapat Anda telan atau yang tidak dapat diserap oleh lambung atau usus Anda dengan baik.

Supositoria terbuat dari bahan seperti gelatin atau mentega kakao yang melapisi obat. Panas tubuh melelehkan bagian luar dan perlahan melepaskan obat ke dalam tubuh.

Supositoria rektal disuntikkan melalui tubuh bagian bawah atau anus. Panjangnya sekitar 1 inci dan ujungnya membulat atau berbentuk peluru. Dapat digunakan untuk mengobati: Alergi, Kecemasan, Sembelit, Demam, Wasir, Mabuk, Mual, Sakit dan gatal, Kejang, Masalah kesehatan mental seperti skizofrenia dan gangguan bipolar

Selain itu, ada juga supositoria vagina berbentuk oval. Ini dapat digunakan untuk tujuan berikut: Infeksi bakteri atau jamur Kekeringan vagina Pengendalian kelahiran

Mengapa menggunakan supositoria? Apa Itu Obat Supositoria? Mengenal Pengganti Obat Sirup untuk Pengobatan

Anda mungkin memerlukan supositoria jika Anda tidak dapat menelan obat, muntah, tidak dapat memegang tablet atau cairan, tidak dapat meminum obat karena baunya tidak enak, atau jika Anda termasuk dalam salah satu kategori berikut:

Izinkan saya menjelaskan apa itu supositoria. Saya harap informasi ini bermanfaat.