Alasan Kenapa Kita Sering ‘Ngidam’ Camilan Manis Usai Makan Berat

Sugeng rawuh Mahavision di Website Kami!

Jakarta – Rasanya semua orang pernah mengalami hal ini: beberapa jam setelah makan berat, baik makan siang maupun makan malam, kita kerap “lapar” terhadap sesuatu, makanan manis atau ringan seperti es krim atau sepotong kue coklat. Meski kebiasaan ini tampak tidak berbahaya, namun makanan tersebut bisa mengandung gula, lemak, kalori, dan bahan tambahan berbahaya seperti gula jagung fruktosa tinggi, yang dikaitkan dengan obesitas. dan situasi lainnya. Para ahli mengatakan bahwa ada banyak alasan untuk “keinginan” ini. “ini”, seperti kekurangan nutrisi, malnutrisi, stres dan obat-obatan tertentu di otak. Rasa lapar dan kenyang dikendalikan oleh hormon ghrelin dan leptin, yang memberi sinyal ke otak kapan waktunya makan atau berhenti. Namun, keinginan makan bisa melebihi gejala tersebut.Rachael Richardson, ahli gizi dan pendiri Nutrolution, mengatakan makanan tertentu bisa menjadi penyebabnya.Ciri diet keto, misalnya, sangat membatasi lemak. Tanpanya, kita mungkin membutuhkan makanan manis yang tinggi karbohidrat seperti permen dan gula. Orang yang mengikuti diet keto mungkin menginginkan sesuatu yang manis untuk menyeimbangkan kebutuhannya, ujarnya, dilansir Daily Mail Health, Senin, 30 Oktober . 2023. Kurangnya makanan manis seperti karbohidrat juga dapat menyebabkan rendahnya gula darah sehingga membuat kita mendambakan makanan manis.Richardson juga mengatakan bahwa jika kita langsung mengonsumsi makanan manis setelah makan, hal tersebut dapat mengindikasikan kekurangan vitamin seperti. Seng, zat besi, kalsium dan magnesium Magnesium, misalnya, membantu mengatur produksi insulin untuk menstabilkan gula darah. Tanpa magnesium yang cukup, gula darah bisa turun sehingga menimbulkan keinginan untuk makan makanan penutup. Alasan lainnya bisa jadi karena kepuasan khusus (SSS), yang disebut ‘Dessert Mo’. SSS adalah waktu makan makanan tertentu yang membuat kita kurang bahagia karena menyebabkan kita memilikinya. Merasa kenyang dan tidak nyaman, seperti kembung. Pertama, konsumsi makanan lain yang jarang kita jumpai, seperti manisan atau kue, tidak dikaitkan dengan perasaan kenyang yang positif, melainkan ingin makan lebih banyak. Indera perasa Kita juga terbiasa menyantap suatu makanan, namun semakin enak suatu makanan, semakin kita ingin menyantapnya. Sistem penghargaan, yang disebut sistem dopamin mesolimbik, di mana neuron melepaskan lebih banyak dopamin, memberi tahu otak bahwa pengalaman itu baik, yang memperkuat perilaku setiap kali kita memakannya. Allyson Brigham, ahli gizi di Rumah Sakit Regional Los Robles di California, mengatakan: “Bahan kimia tertentu di otak, seperti serotonin, berhubungan dengan emosi. Permen dapat merangsang pelepasan serotonin, membuat Anda merasa lebih bahagia dan rileks”, kata Brigham. . Pada akhirnya, otak dapat membangun toleransi dan membutuhkan lebih banyak makanan manis untuk menghasilkan dopamin dan serotonin yang sama. Bagian dari rutinitas malam. Kata Brigadir. Depresi dan stres emosional juga bisa memicu keinginan untuk makan makanan manis, karena semakin banyak serotonin dapat meningkatkan mood dan mengurangi perasaan cemas atau depresi. Mengonsumsi makanan yang bervariasi sambil makan dapat mengurangi keinginan tersebut. Mengandung protein yang seimbang, serat dan lemak sehat untuk meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan,” jelas Brigjen. Richardson juga merekomendasikan untuk mengganti permen atau es krim dengan buah-buahan manis, seperti anggur, yang dicampur dengan yogurt Yunani atau mentega almond. Makanan ini rendah gula, tapi juga kaya protein dan serat sehingga membuat kita kenyang dalam waktu lama. Hati-hati, penyakit ini mudah menyerang setelah merayakan hari Valentine. Banyak pasangan memilih menghabiskan waktu bersama dalam makan malam meriah untuk merayakan Hari Valentine. Mahavision 9 Februari 2024 Alasan Kenapa Kita Sering ‘Ngidam’ Camilan Manis Usai Makan Berat

Alasan Kenapa Kita Sering ‘Ngidam’ Camilan Manis Usai Makan Berat